Friday, November 11, 2011

TIDUR MENGHADAP KE KANAN


Written on January 2, 2011 – 12:14 pm | by eni |
Aktivitas tidur merupakan kebutuhan pokok kita sehari-hari, namun kalau kita tidak memperhatikan pola tidur kita yang benar, maka kualitas tidur kitapun akan kurang bagus dan akibatnya untuk melanjutkan aktivitas dipagi harinya akan terganggu. Nah, untuk itu mari kita pelajari bersama bagaimana tidur yang baik dan mengapa kita disarankan tidur mengahadap ke kanan?
Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bagian kanan adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya kita menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas seperti makan, mengambil sesuatu dan lainnya. Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktiftas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam. Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak , asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah.
Tidur miring mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Tidur dengan posisi telentang, mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah. Yang juga mengakibatkan seseorang mendengkur. Orang yang mendengkur saat tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Bahkan terkadang dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu kualitas tidur.
Ternyata tidur mengahadap kekanan punya manfaat yang besar untuk tubuh kita…
sumber      : http://eniharyanti.com

No comments: