Friday, November 11, 2011

KENAPA BERSIN MEMBACA HAMDALLAH

Teman-teman tau tidak, kenapa bersin kita dianjurkan membaca hamdallah? Bersin merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah masuknya zat asing ke dalam tubuh. Saat itu, sebenarnya tubuh sedang  merespon melalui membran hidung ketika mendeteksi adanya benda asing sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri tersebut. Udara yang mengembus kuat dengan tekanan tinggi dari paru-paru mendorong keluar melalui hidung dan mulut maka terjadilah bersin.
Rasulullah bersabda: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ta’alaa anhu, Rasulullah bersabda, “Sungguh Allah mencintai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap, maka jika kalian bersin maka pujilah Allah, maka setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawabnya; adapun menguap, maka itu dari syaitan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabil seseorang menguap dan terdengar bunyi: Aaaa, maka syaitan pun tertawa karenanya”. Shahih Bukhari, 6223.
Selain itu, pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara (baca : sekejap). Setelah selesai bersin maka jantung akan kembali berdenyut alias berdetak kembali. Oleh karena itu, dalam agama Islam kita disarankan untuk mengucapkan “Alhamdulillah” yang artinya “Segala Puji bagi Allah”, karena jantung kita sudah berfungsi lagi normal seperti biasanya, setelah istirahat sejenak disebabkan oleh bersin tadi.
Oleh karena manfaat yang begitu besar, memang sepatutnyalah kita sebagai seorang muslim ketika kita bersin, maka kita mengucap hamdallah sebagai wujud syukur kita.

sumber
http://eniharyanti.com

No comments: